H-43 Pemilu 2019, Ria Faradipa : Pilihan Bebas, Jangan Golput !

H-43 Pemilu 2019, Ria Faradipa : Pilihan Bebas, Jangan Golput !

(ist)

FOKUSPARLEMEN.COM, Bireuen – Kurang dari dua bulan lagi rakyat indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi yang sangat besar di negeri ini yaitu pemilu serentak yang meliputi pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ditingkat Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat pusat ( DPR RI), juga pemilihan senator provinsi yaitu Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), serta diikuti oleh pemilihan Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai negara yang menganut azas demokrasi, seluruh rakyat Indonesia mempunyai hak untuk mengambil peran dalam terlaksananya kegaiatan ini, salah satunya yaitu sebagai pemilih.

“Komponen penting dalam pemilu itu adalah pemilih, karna para caleg bahkan presiden sekalipun itu berasal dari pemilih juga” ungkap Ria Faradipa, salah satu tokoh muda perempuan di kabupaten Bireuen, Rabu 06/03/2019.

Menurutnya, sukses terlaksananya pemilu ini dengan adanya saling kerjasama dan singkronitas antara seluruh pihak-pihak yang terlibat didalamnya.

“Tidak akan sukses sebuah pemilihan jika tidak ada singkronitas antar penyelenggara, peserta (caleg) dan pemilih, jika hanya peserta (caleg) dan penyelenggara saja yang bersemangat dan siap untuk menyukseskan pemilihan tapi tidak dengan pemilih, maka sama saja bohong” ujar dara kelahiran Kota Juang yang baru menamatkan pendidikan Diploma tiga (D3) di Akademi Kebidanan (Akbid) Munawarah Bireuen pada 2018 lalu.

Lebih lanjut diungkapnya, perempuan yang aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan ini mengharapkan masyarakat yang sudah wajib memilih untuk sadar akan haknya yang sangat istimewa itu yaitu sebagai pemilih, karna banyak orang diluar sana yang mengharapkan tapi tidak bisa mendapatkannya.

“Kita sangat berharap masyarakat ini sadar bahwa menjadi pemilih itu adalah hak istimewa, seperti kita tau bahwa anggota TNI dan POLRI tidak punya hak ini, sungguh sangat disayangkan kita mensia- siakannya begitu saja” terang perempuan yang terdaftar sebagai Calon Anggota Legislatif (caleg) DPRK Bireuen dari Partai Aceh (PA) nomor urut 06 Daerah Pemilihan 1 Bireuen yang meliputi kecamatan Kota Juang dan kecamatan Kuala.

Dengan tumbuhnya kesadaran hak demokrasi dari setiap pemilih maka segala hal kegiatan demokrasi di Indonesia akan terlaksana dengan sangat mudah.

“Kita hanya berharap semua pemilih tidak mengambil langkah golput (golongan putih /tidak ikut memilih) karna itu adalah keputusan yang sangat tidak benar, silakan datang ke TPS, pilih sesuai hati nurani, pilih salah satu yang terbaik, yang penting jangan ambil langkah golput, sekali lagi golput itu tidak dibenarkan” pungkasnya. (red)

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *