Karim Michel Tiro, Sang Anak Wali Aceh Ternyata Guru Besar Ilmu Sejarah di Xavier University

Karim Michel Tiro, Sang Anak Wali Aceh Ternyata Guru Besar Ilmu Sejarah di Xavier University

Karim Tiro anak sang wali Hassan Tiro (Ist)

Fokusparlemen.com | Bagi masyarakat Aceh, sosok Karim Michel Tiro (selanjutnya disebut Karim saja) kalah populer dibanding ayahnya, Teungku Hasan Muhammad di Tiro (selanjutnya disebut Tiro). Selama puluhan tahun, namanya hanya disebutkan secara terbatas, itu pun hanya di kalangan GAM saja. Pun begitu, Tiro, ayahnya, sering menyebut namanya, baik dalam pidato maupun dalam tulisan. Dalam The Price of Freedom: The Unfinished Diary of Teungku Hasan di Tiro, nama anak semata wayangnya disebut berkali-kali, bahkan dengan bangga.

Menariknya Karim Tiro saat ini mengabdi dan tercatat sebagai guru besar di Xavier University.

Xavier University adalah universitas Jesuit, Universitas Katolik di Norwood dan Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Sekolah ini adalah Universitas Katolik tertua dan tertua keenam di Amerika Serikat. Xavier memiliki pendaftaran sarjana dari 4.485 siswa dan pendaftaran lulusan 2.165.

Karim dikenal pakar dalam bidang sejarah, terutama sejarah Amerika. Pun demikian, Karim tak memilih Aceh sebagai objek kajian akademisnya seperti halnya sang ayah. Karim memilih meneliti soal sejarah Amerika abad 16 hingga 18. Jangan heran, jika kita tak pernah temukan tulisan-tulisan dia mengenai sejarah Aceh. Dalam biografi singkat seperti dimuat di website Xavier University, Karim mengakui tertarik meneliti soal sejarah perang Amerika yang jarang dikenal dan jadi perhatian akademisi, khususnya Perang 1812, Perang Meksiko dan Perang Spanyol-Amerika.

Karim Tiro saat memberikan materi kepada mahasiswa Xavier University (Foto/Acehkita.com/Ist)

Dalam profil singkat di lansir fokusparlemen.com melalui website kampus Xavier University xavier.edu/history-department/directory/karimm-tiro , karim nulis sebagai berikut :

Saya seorang sejarawan yang mengkhususkan diri di Amerika Utara dari the16th hingga abad ke-19. Dalam kelas survei saya, saya sangat tertarik untuk mempertimbangkan kembali pentingnya sejarah perang Amerika yang kurang terkenal, khususnya Perang 1812 dan Perang Meksiko. Kursus lanjutan saya meneliti penciptaan ‘Dunia Baru’ di Amerika kolonial, di mana orang-orang Spanyol, Skotlandia, Angus, Choctaw, Inggris, dan kelompok lain berjuang untuk memahami dan mengendalikan satu sama lain. Saya selalu meminta para siswa untuk memikirkan perkembangan dari berbagai perspektif, dan untuk merenungkan bagaimana pola-pola interaksi yang telah lama ada terus mempengaruhi Amerika saat ini. Publikasi saya baru-baru ini termasuk Orang-Orang dari Batu Berdiri: The Oneida Nation dari Revolusi melalui Era Penghapusan (University of Massachusetts Press, 2011) dan Sepanjang Hudson dan Mohawk: Perjalanan 1790 Count Paolo Andreani (University of Pennsylvania Press, 2006). Saat ini saya sedang menulis biografi John Johnston, agen India AS di Piqua, Ohio, selama dan setelah Perang 1812.

Selain itu, Karim Tiro sangat mendalami ilmu sejarah khususnya konsentrasi Sejarah Publik, Konsentrasi dalam Sejarah Publik dalam jurusan Sejarah atau minor dalam Sejarah Publik untuk siswa yang bukan jurusan Sejarah akan meningkatkan keterampilan yang membuat jurusan Sejarah dan anak di bawah umur berhasil dalam karir dan / atau gelar lanjutan mereka. Ini termasuk kemampuan untuk menemukan, mengatur, dan menganalisis informasi dan berkomunikasi secara lisan, tertulis, dan menggunakan teknologi digital.

Komponen pengalaman dari Sejarah Publik memperkuat keterlibatan siswa di kelas mereka. Menurut National Council on Public History, “Siswa yang terlibat dalam penelitian langsung di awal karir sarjana mereka tidak hanya lebih mungkin untuk lulus, tetapi mereka juga cenderung lulus dengan nilai rata-rata lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang tidak berpartisipasi dalam penelitian.”

Xavier University juga menawarkan 81 jurusan dalam kolese Seni dan Sains, Ilmu Sosial, Kesehatan dan Pendidikan, dan Williams College of Business. Beberapa anak di bawah umur dan program pra-profesional juga ditawarkan termasuk gelar Sarjana Ilmu Accelerated yang dicampur dalam tingkat Keperawatan. Semua siswa harus menyelesaikan kurikulum inti.

Kampus ini juga telah mencetak berbagai tokoh di pemerintahan baik nasional amerika hingga tokoh Internasional. Lulusan baru termasuk seorang anggota staf untuk anggota kongres Ohio John Boehner dan anggota Sekolah Finishing Emma Goldman, sebuah komunitas anarkis. Jurusan Xavier History telah menerima beasiswa Javits, Fulbright, dan Truman, dan telah melanjutkan ke sekolah pascasarjana atau profesional di UCLA, The Ohio State University, Berkeley, Georgetown, Harvard, Universitas Chicago, dan di tempat lain.

Karim Tiro Tolak Gantikan Posisi Ayahnya

Karim M Tiro BA (Drew University); MA, PhD (University of Pennsylvania). Kembali kepada profil sang anak dari wali nanggroe Aceh, yakni Karim Tiro, menarik disini karim tiro menduduki status tertinggi di fakultas ilmu sejarahnya di Xavier University sebagai Chair and Professor, History Department. Karim Tiro sebelumnya merupakan asisten profesor sejarah di Universitas Xavier Cincinnati, Ohio, Amerika. Ia merupakan anak tunggal Hasan Tiro dari istrinya yang berkebangsaan Amerika, Dora.

Karim pada suatu ketika pernah berkata menolak menggantikan ayahnya sebagai wali nanggroe di Aceh, bahkan Karim sangat tertutup mengenai Aceh, walaupun karim sangat dengan dan menyadari sejarah serta perjuangan di bumi serambi mekkah tersebu. Hanya saja, Karim mengatakan, ayahnya adalah seorang yang mempunyai intelejensi luar biasa, ketetapan hati yang kukuh, serta keberanian. Ia juga berharap, semoga warisan ayahnya tersebut menjadi sebuah kedamaian untuk kemakmuran Aceh.

(Foto/Ist)

Profil :

KARIM M.TIRO. Ph.D.

Department of History, University of Pennsylvania, Philadelphia, PA

1999

M.A., Department of History, University of Pennsylvania, 1994

B.A., summa cum laude

with Specialized Honors in History, Drew University,

Madison, NJ, 1991

Archaeology Field School, Southern Utah University, Cedar City, UT, 1990 EMPLOYMENT Professor, Department of History, Xavier University, Fall 1999 – present Chair of Department, Fall 2012

(mi/red)

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *