Kehidupan yang sangat Interaktif dan Inklusif, Bro Rivai: Belajar dari Filosofi Sepakbola

Kehidupan yang sangat Interaktif dan Inklusif, Bro Rivai: Belajar dari Filosofi Sepakbola
Ket Gambar : [ Bro Rivai Ras Pendiri BRC]

FOKUSPARLEMEN, Jakarta – Bagi Bro Rivai, sepakbola bukan hanya sekedar permainan olahraga semata, namun mengandung filosofi kehidupan yang bisa dipetik manfaatnya sebagai Pecinta sepakbola sejati.

Sepakbola menggambarkan adanya upaya saling bahu membahu satu sama lain dengan visi dan misi yang sama dalam menciptakan peluang dan mencapai tujuannya yaitu kemenangan. Begitu pula dalam kehidupan tidak terlepas dari ketergantungan orang disekitar kita baik dari segi politik, bisnis, sosial dan sebagainya untuk tujuan tertentu.

Sepak bola juga merupakan medan kompetisi yang menuntut untuk mengedepankan sportifitas dan sekaligus menjadi media yang sangat netral dalam merefleksikan keberagaman dalam melakukan interaksi antara satu sama lainnya. Bahkan permainan ini menjadi replika kehidupan yang sangat interaktif dan inklusif.

Setidaknya dalam sepakbola tidak mengenal adanya prasyarat ras, agama, atau afiliasi politik maupun golongan tertentu. Yang terpenting untuk dimiliki adalah kemampuan seseorang bisa menendang dan mengendalikan bola secara baik, serta dapat menjadikannya kemenangan itu sebagai simbol identitas dan kebanggaan tersendiri dari manapun mereka berasal.

Sehubungan dengan keberpihakan dalam pertarungan antara Real Madrid vs Liverpool pada perebutan piala Liga Champion 2018, siapapun yang kalah atau menang dalam permainan itu, tentunya merupakan pilihan berdasarkan preferensi tertentu.

Karena itu, sepakbola, bukanlah hanya sekedar tentang mencetak gol – tetapi juga melainkan tentang kemenangan dan kebanggaan dalam memihak dan memilih secara rasional.

Dengan demikian, makna sukses bukanlah kebetulan. Sukses butuh kerja keras, ketekunan, belajar, berkorban dan yang terpenting, cinta akan apa yang sedang Anda lakukan atau pelajari. (Pele)

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *