MUNAS BEM/DEMA PTAI SE-INDONESIA Radikalisme dan penyebaran hoax sangat masif, Mahasiswa Berperan Menfilter

MUNAS BEM/DEMA PTAI SE-INDONESIA Radikalisme dan penyebaran hoax sangat masif, Mahasiswa Berperan Menfilter

Fokusparlemen, Jember – Di era modernisasi dengan perkembangan teknologi yang semakin menyisir ke pelosok-pelosok tanah air membawa beberapa perubahan yang terjadi di sosial masyarakat. Bukan hanya nilai positif yang dirasakan oleh masyarakat, namun nilai negatif-pun turut serta menghegemoni masyarakat disemua lapisan. (12/5) Sabtu

Pemateri yang turut mengisi diantaranya ; Dr. Inayatul wafiroh (Anggota DPR RI), HA. HAKIM JAYLI, M. Si (Direktur Utama TV9 Nusantara) , Prof. Dr. M. Noor Harisuddin,M. Fil. I (Guru Besar pasca sarjana IAIN Jember)

Penyebaran berita yang sangat singkat melalui media sosial membuat kita kesulitan menfilter, sehingga penyebaran hoax sangat masif terjadi dikalangan kaum grashroot dan perkotaan, hal tersebut diperparah dengan ketidak mampuan masyarakat memilah dan memilih berita, sehingga mereka sangat mudah terprofokasi oleh beberapa orang yang tak bertanggung jawab dalam menyebar berita hoax dan ujaran kebencian, sehingga dengan begitu juga mendorong perkembangan radikalisme di masyarakat.

Nilai budi luhur yang semula tergambar dilingkungan masyarakatpun tak lagi ditemukan, semua saling hujat mencaci maki antar sesama. Pada sisi lain gerakan radikalisme sampai saat ini menjadi ancaman stabilitas nasional dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Upaya melawan ancaman hoax dan radikalisme harus bersinergikan dalam langkah nyata bagi mahasiswa karna tanah Indonesia yang kita tempati ini tidak hanya warisan nenek moyang tapi warisan anak cucu.

Hal ini yang kemudian menjadi semangat kita untuk mengangkat tema besar pembicaraan di MUNAS BEM/DEMA PTAI SE-INDONESIA dengan tema “Resolusi Gerakan Mahasiswa Melawan Hoax dan Radikalisme Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI Serta Kesejahteraan Sosial”.

Musyawarah Nasional BEM/DEMA Se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-12 Mei 2018 bertempat di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. [MI]

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *